Home / Olahraga / Backpakeran Seru ke Wae Rebo Manggarai NTT

Backpakeran Seru ke Wae Rebo Manggarai NTT

Wae Rebo Manggarai – adalah salah satu desa yang berada di Manggarai Tua, tepatnya berada kira kira 1.100 Mdpl di kawasan terpencil Kecamatan Satarmese Barat, Manggarai Barat Flores dan sangat dekat dengan Taman Nasional Komodo. Kehidupan di Wae Rebo Manggarai termasuk dalam kategori sederhana karena jauhnya pengaruh dunia perkotaan di desa ini. Rumah khas suku Wae Rebo Manggarai dan panorama pegunungan merupakan pemandangan yang menarik untuk dinikmati oleh orang orang yang sudah terlalu jenuh dengan hiruk pikuk perkotaan. Di desa Wae Rebo Manggarai terdapat Mbaru Niang atau biasanya disebut dengan Rumah Drum dalam bahasa Manggarai merupakan rumah tradisional dengan bentuk kerucut dan arsitekturnya yang unik. Rumah adat Mbaru Niang Wae Rebo Manggarai ini biasanya digunakan sebagai tempat ritual, pertemuan, dan doa bersama setiap Minggu pagi.

wae rebo manggarai

Keistimewaan lain yang sudah didapatkan oleh Wae Rebo Manggarai adalah menyisihkan 42 negara lain untuk mendapat penghargaan Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO tepatnya pada bulan Agustus 2012. Setiap wisatawan yang datang berkunjung ke desa Wae Rebo Manggarai akan disambut sangat baik oleh tetua adat suku Manggarai dengan mengadakan upacara Waelu yang bermaksud agar supaya setiap wisatawan yang datang berkunjung kesana diberikan perlindungan oleh leluhur sampai kembali ke tempat asalnya. Wisatawan yang datang juga diberi keleluasaan untuk sekedar berkunjung atau bisa menginap di Wae Rebo Village, bagi yang hanya sekedar berkunjung dikenakan biaya Rp 100.000 /orang dan bagi yang menginap dikenakan biaya sebesar Rp 225.000 /orang dengan fasilitas menginap di rumah adat,pemandu lokal, serta makan 3 kali.

Akses menuju desa Wae Rebo Manggarai NTT bisa langsung didapatkan ketika masih berada di Labuan Bajo, dari situ banyak sekali travel yang menawarkan jasa antar ke Wae Rebo dengan rute Labuan Bajo – Pela – Dintor – Denge lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki ke Wae Rebo Manggarai dengan estimasi waktu 3 jam, sebab tidak ada cara lain untuk mencapai Wae Rebo dari Denge selain berjalan kaki. Bagi yang hanya ingin datang berkunjung ke Wae Rebo Manggarai tanpa menginap sangat disarankan untuk datang pagi pagi sekali sebab siangnya sudah harus turun karena trekking yang akan dilalui akan lebih sulit kalau cuaca sudah gelap.

Sumber: https://explorewisata.com/

 

About editor