Home / Berkebun / Durian Sitokong Apakah Cocok Dikembangkan?

Durian Sitokong Apakah Cocok Dikembangkan?

Jenis durian sitokong merupakan jenis durian yang memang berwarna dasar hijau. Tidak peduli apakah buahnya sudah matang atau belum, buah yang satu ini akan berwarna sama. Meskipun begitu rasa dara daging buahnya tetap enak, dan masih cocok untuk dibudidayakan. Karenanya banyak yang mulai mencari bibit durian sitokong yang bagus, serta bagaimana cara melakukan budidayanya.

Mengenal Durian Sitokong

Sebelum mengetahui cara budidaya bibit durian unggul, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu detail kecil tentang durian sitokong. Seperti bagaimana deskripsinya, apa manfaat dari budidaya durian ini, dan lain sebagainya. Hal itu dilakukan agar semakin mantap dalam melakukan budidaya. Untuk mempermudah mendapatkan informasi tersebut, semuanya bisa dibaca di bawah ini.

buah durian sitokong

1. Ciri-Ciri Durian Sitokong

Berbeda dengan durian musang king, Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa durian ini memiliki warna hijau tidak peduli saat sebelum atau sudah matang. Berat buahnya sendiri tergolong besar karena paling kecil saja 3 kg. Untuk bentuknya, buah yang satu ini mempunyai bentuk cenderung lonjong dan bukannya bulat. Kulit buahnya tebal, dengan ketebalan yang mencapai 2 sampai 3 cm.

Memiliki duri yang berbentuk kerucut-kerucut kecil dengan kerapatan maksimal yang tersebar di setiap kulitnya. Aromanya khas dan lumayan menyengat, dan memiliki daging buah yang manis. Tekstur dari daging buahnya sendiri pulen, dan tebal. Untuk ketebalan daging buahnya bisa mencapai 3 sampai 5 cm. Kabarnya buah yang satu ini berasal dari Jakarta.

2. Keunggulan Durian Sitokong

Hal pertama yang menjadi keunggulan dari durian ini adalah rasa daging buahnya yang khas serta sulit untuk dilupakan. Tidak terlalu lembek namun masih lembut untuk dimakan dan tentunya rasanya manis. Keunggulan selanjutnya adalah jenis durian yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan budidaya, dan termasuk tanaman durian yang memiliki daya tahan tinggi.

Selain itu buah ini tidak hanya bisa dikonsumsi langsung, tapi juga bisa dijadikan makanan olahan. Sehingga pembudidaya durian ini tidak hanya mendapatkan pemasukan dari sektor saja. Jangan lupakan juga buahnya yang awet karena masih dapat beberapa hari bertahan setelah jatuh dari pohon. Terakhir, budidaya durian ini tidak memerlukan biaya yang besar.

3. Manfaat Durian Sitokong

Bisa dibilang buah durian sitokong ini memiliki segudang manfaat. Dimulai dari daging buahnya yang cocok untuk diolah menjadi beberapa makanan. Makanan tersebut diantaranya kue, dodol, ice cream, bahkan asinan. Lalu bijinya juga ternyata memiliki tekstur yang tepat untuk dijadikan snack. Tinggal direbus saja atau dibakar, maka makanan kecil buah durian pun sudah bisa didapatkan.

Dari segi kulitnya, masih bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Cara menggunakannya mudah hanya tinggal dikeringkan lalu dibakar. Bisa juga kulitnya dimanfaatkan untuk mengasapi ikan. Daunnya bisa dijadikan makanan pendamping seperti lalap. Jadi memang buah durian yang satu ini memberikan sejuta manfaat kepada pemiliknya.

4. Harga Jual Durian Sitokong

Untuk harga jual durian sitokong ini terbilang tinggi sama seperti durian-durian lainnya. Harga terendahnya terletak di Rp100 ribu sampai Rp150 ribu per kilonya. Itupun masih bisa naik sesuai dengan kualitas dari buahnya sendiri. Apabila memang kualitas juara, maka pasti harganya bisa lebih mahal dari itu.

Bagi yang tidak mau repot, bisa memilih durian sitokong kupas. Namun belum terlalu banyak pedagang yang menyediakan hal ini. Untuk harganya sendiri ada di angka Rp30 ribu sampai Rp40 ribu per satu paket. Biasanya paket buah kupas ini memakai wadah sterofoam kecil.

buah durian sitokong

Memilih Bibit Durian Sitokong yang Tepat

Ternyata durian sitokong memiliki harga yang lumayan. Meskipun belum seterkenal montong, tapi justru ini menjadi kesempatan bisnis karena belum banyaknya saingan. Bagi yang hendak melakukan budidaya durian ini, hal pertama yang harus benar-benar dilakukan adalah memilih bibit durian sitokong yang berkualitas. Hal ini dilakukan agar nantinya tanaman durian yang tumbuh juga berkualitas.

Bibit durian sitokong yang berkualitas tentunya dilihat dari kesehatannya. Pastikan jangan sampai ada cacat, baik itu di batang ataupun daunnya. Lihat juga segi produktifitas bibitnya, apabila susah tumbuh lebih baik dihindari. Selain itu jangan pernah memilih bibit yang lemah dan mudah terserang penyakit. Karena hal tersebut nantinya akan menyulitkan proses budidaya.

Memang mencari bibit yang sangat berkualitas seperti itu susah-susah gampang, apalagi untuk pemula. Karenanya kami memberikan kemudahan dengan menyediakan bibit durian sitokong berkualitas tinggi. Dengan jaminan produktifitasnya anti mandul dan cepat berbuah. Selain itu bisa dipastikan bahwa bibit yang kami jual sehat serta tahan banting dan mudah untuk dirawat.

Untuk lokasi pengirimannya sendiri, kami memiliki jangkauan yang luas sampai seluruh Indonesia. Jadi tidak perlu khawatir tidak bisa kami antar. Selain itu kami menjamin keamanan setiap paket yang dipesan oleh pembeli selalu aman sampai tujuan. Tapi tetap mempertahankan kecepatan pengiriman.

Cara Menanam Durian Sitokong

Dalam hal menanam durian ini tidak akan lagi sulit, apabila sudah mengetahui caranya. Karena memang pada dasarnya durian ini bukan jenis tanaman yang manja. Hanya pastikan untuk melakukan penanaman pada awal musim penghujan. Untuk langkah-langkah selanjutnya bisa dilihat di bawah ini.

1. Mempersiapkan Lahan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan lahan dengan baik dengan cara membersihkannya terlebih dahulu. Pastikan lahan bersih dari hama serta sudah siap untuk ditanami. Perhatikan juga kemampuan tanah dalam menyerap air, karena ini sangat dibutuhkan nantinya.

2. Membuat Lubang

Lubang yang dibuat biasanya berbentuk persegi dengan ukuran menyesuaikan bibit duriannya. Tapi untuk sekedar patokan lubang bisa dibuat dengan ukuran 50 sampai 100 cm. Dalam pembuatan lubang ini pastikan untuk memberi jarak setidaknya sepuluh meter dari satu lubang ke lubang yang lainnya. Campurkan juga pupuk ke dalam galian tanah.

3. Menanam Bibit

Untuk melakukan penanaman bibit bisa dilakukan setelah tanah sudah cukup dijemur, biasanya dua sampai tiga hari. Taruh bibit pada lubang, lalu timbun bibit dengan tanah dan ditepuk-tepuk perlahan. Tutup dengan tanah hanya sampai sebatas batang leher bibit, dan ditepuk perlahan demi menjaga akar tidak rusak.

Cara Merawat Durian Sitokong

Setelah proses penanaman selesai, maka proses selanjutnya adalah perawatan. Perawatan durian ini bisa dilakukan dengan tiga hal utama yaitu penyiraman, pemupukan, serta penyingkiran terhadap hama. Apabila ketiganya sudah dilakukan dengan benar, maka pasti durian dapat tumbuh dengan baik. Berikut ini cara perawatannya.

pohon durian sitokong

  • Penyiraman sebaiknya dilakukan rutin, tapi hanya sekali setiap harinya. Dalam penyiraman ini ada baiknya untuk dilakukan pada pagi hari. Lalu agar hasil lebih baik, buatlah galian menyerupai parit sedalam 10 cm di sekeliling pohon durian lalu siram disitu. Setelahnya tanah bisa ditutup kembali.
  • Pemupukan dengan menggunakan pupuk organik dapat dilakukan setahun sekali atau tiga kali dalam setahun. Dalam hal pemupukan ini bisa disesuaikan untuk menaikkan kualitas duriannya. Untuk pemberian pupuk npk sendiri dapat dilakukan pada saat musim penghujan awal dan di akhir musim hujan itu sendiri.
  • Setelahnya jangan lupa untuk mengusir hama secara teratur. Minimal pengecekan dilakukan secara berkala sebanyak dua kali sehari. Ada baiknya untuk di cek setiap hari demi menghindari kerusakan pada buah terutama.

Tips Agar Durian Sitokong Berbuah Lebat

  1. Jangan lupa untuk memberikan hormon tambahan saat sedang melakukan pemupukan.
  2. Tidak pernah lalai untuk mengecek kesehatan pohon secara berkala.
  3. Memisahkan buah yang berkualitas sedari awal dengan cara membungkus buah tersebut.

Ternyata meskipun buah lokal tapi usaha budidaya durian sitokong ini memiliki peluang yang sangat besar sehingga sayang untuk dilewatkan. Jangan ragu untuk mulai membeli bibit durian sitokong yang berkualitas sebagai langkah awal budidaya ini.

About editor