Home / Pendidikan / Fungsi Nukleus Pada Sel Eukariot

Fungsi Nukleus Pada Sel Eukariot

Fungsi Nukleus Pada Sel Eukariot – Makhluk hidup memiliki struktur sel yang sangat unik dan sangat menarik untuk dibahas. Kamu tentu sudah mempelajari terkait dua jenis sel ini sewaktu SMP atau SMA, yaitu sel eukariot dan sel prokariot. Agar Kamu bisa mengingat sedikit mengenai kedua sel tersebut, berikut adalah penjelasan singkat dari masing-masing sel tersebut.

Fungsi Nukleus pada Sel Eukariot

Sel Eukariot dan Sel Prokariot

Sel eukariot merupakan sel yang memiliki nukleus. Sel ini merupakan sel penyusun dari beberapa jenis organisme, seperti pada Kingdom Animalia, Plantae, Fungi, dan Protista. Ciri yang menonjol dari sel ini adalah adanya sistem endomembran, yaitu membran-membran kecil yang membungkus setiap organel-organe penyusun sel.

Berbeda dengan sel prokariot. Sel ini justru tidak memiliki nukleus atau inti sel. Dalam beberapa literatur, sel prokariot bahkan juga disebut sebagai sel yang tidak memiliki organel yang terbungkus oleh membran. Organisme yang memiliki sel ini umumnya adalah organisme bersel satu, seperti Bakteri dan Archaea.

Organel pada Sel Hewan

Saat ini akan dibahas lebih lanjut terkait sel eukariot. Tahukah Kamu jika penyusun organel pada sel hewan dan sel tumbuhan berbeda, termasuk juga fungsinya pada organel tertentu. Namun, saat ini akan berfokus pada organel-organel yang adalah pada sel hewan. Berikut ini adalah penyusun organel pada sel hewan.

1. Membran sel

Membran sel merupakan bagian atau lapisan pembatas antara bagian dalam sel dengan bagian luar atau lingkungan. Membran sel eukariotik tersusun atas lapisan lipid rangkap dua yang disebut sebagai lipid bilayer. Lipid ini terbagi lagi menjadi 3 jenis, yaitu sterol, glikolipid, dan fosfolipid.

Kandungan pada sterol adalah alkohol, glikolipid mengandung karbohidrat, dan fosfolipid mengandung fosfat. Dari ketiga jenis lipid ini, fosfolipid merupakan penyusun membran paling besar dan terdiri dari dua bagian, yaitu kepala dan ekor. Bagian kepala juga disebut dengan polar head dengan sifat hidrofilik, sedangkan bagian ekor bersifat hidrofobik.

Sifat hidrofilik menandakan jika polar head merupakan bagian yang cenderung untuk bercampur atau larut dalam atau dibasahi oleh air. Sedangkan hidrofobik menandakan jika bagian ekor atau nonpolar tail cenderung untuk menolak air, yaitu tidak bercampur dan tidak dapat atau mampu larut dalam air.

2. Sitoplasma

Sitoplasma merupakan bagian yang mengisi ruang antara inti dan membran plasma. Penyusun dari sitoplasma adalah sitosol, sitoskeleton, organel-organel sel, dan substansi simpanan. Sitosol merupakan cairan intraseluler yang mengandung zat makanan terlarut, protein, ion, dan produk sisa metabolisme.

Sitoplasma memiliki peran yang penting. Pada organel ini terjadi metabolisme sel, seperti sintesis protein, sintesis asam lemak, dan glikolisis. Sitoplasma dapat menjadi tempat metabolisme, karena didukung dengan air dan ion-ion yang terlarut, sehingga dapat memungkinkan terjadinya reaksi kimia.

3. Nukleus

Organel sel eukariot yang satu ini dapat dikatakan sebagai otak dari sebuah sel, karena di bagian ini, semua aktivitas sel dikendalikan. Bentuk dari nukleus adalah bulat besar dan berada di bagian tengah sel. Fungsi lain yang tidak kala penting dari nukleus dapat diketahui pada informasi yang tersaji di bawah ini.

Fungsi Spesifik dari Nukleus pada Sel Eukariot

Nukleus pada sel eukariot sangat berkaitan dengan DNA, karena di dalamnya memang terdapat DNA dan kromosom. Kamu tentu tahu jika DNA dan kromosom merupakan kode genetik suatu makhluk hidup dan bersifat dapat diwariskan. Dengan demikian, nuklues bisa dikatakan berfungsi sebagai pengendali genetik.

Pelajari Sel Eukariot Lebih Lanjut Di Sini

Jika dirasa masih ingin memperkaya ilmu terkait sel eukariot, maka sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi belajar kekinian, yaitu Edutore by Gramedia. Dengan Edutore, Kamu bisa belajar dimanapun dan kapanpun. Cukup dengan smartphone kesayanganmu, Kamu bisa menambah ilmu terkait sel eukariot dengan mudah, lengkap, dan menyenangkan.

Kamu juga bisa membaca beberapa buku melalui aplikasi Edutore ini secara gratis. Bahkan tidak hanya itu saja, jika sekarang Kamu adalah siswa kelas 9 dan 12, maka Kamu juga bisa melakukan latihan soal UN SMA di Edutore. Dengan Edutore, Semua Bisa Pintar, jadi langsung saja unduh aplikasinya di PlayStore secara gratis.

About editor