Home / Lain Lain / Jurusan Kuliah Tanpa Matematika

Jurusan Kuliah Tanpa Matematika

Dunia perkuliahan merupakan tujuan selanjutnya bagi para siswa setelah tamat SMA. Ada banyak sekali jurusan atau fakultas yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan potensi diri.

Beberapa orang terkadang menghindari jurusan-jurusan tertentu karena tidak ingin menempuh salah satu materi perkuliahannya. Misalnya adalah, beberapa orang ada yang mencari jurusan kuliah tanpa matematika. Hal tersebut bukan berarti mereka tidak bisa, namun mungkin ada potensi lain yang dimilikinya, karena seperti yang kita tahu, tidak ada orang yang mahir dalam berbagai hal.

Alasan Menghindari Matematika

Alasan orang menghindari matematika ada banyak sekali dan pasti berbeda-beda. Ada yang memang tidak tahan dengan kegiatan hitung-menghitung, sehingga lebih memilih untuk menghindarinya, karena sudah 9 tahun berkecimpung dengan hitung-hitungan. Passion setiap orang juga berbeda-beda, sehingga hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap jurusan kuliah yang akan dipilih. Matematika yang erat hubungannya dengan angka pasti akan membuat pusing bagi yang lebih suka dengan kegiatan-kegiatan sosial atau filsafat yang semuanya jauh dengan angka.

Beberapa orang memiliki pemikiran bahwa matematika yang terpenting adalah mengetahui dasarnya saja sudah cukup. Bisa penambahan, perkalian, pengurangan atau pembagian, itu saja sudah cukup sebagai bekal kehidupan selanjutnya. Sehingga, hal itu membuat mereka tidak ingin lagi bergulat dengan rumus-rumus atau apapun itu sejenisnya.

Namun, tetap saja saat kita akan mendaftar kuliah, kita akan melalui sebuah sesi seleksi, entah itu SNMPTN atau SBMPTN. Khususnya SBMPTN, di dalamnya pasti ada soal SBMPTN Matematika dasar atau soal SBMPTN Matematika IPA yang tidak bisa kita hindari. Sehingga kita tetap harus memiliki kemampuan matematika untuk bisa masuk ke PTN yang kita inginkan. Namun, tenang saja, sekarang ada Edutore by Gramedia yang akan memberikan materi-materi untuk persiapan masuk ke PTN yang diinginkan. ada juga biologi kelas 10 dan biologi kelas 11.

Beberapa Jurusan Kuliah tanpa Matematika

Ada banyak sekali pilihan jurusan yang bisa dipilih saat menghindari jurusan kuliah tanpa matematika. Berikut adalah beberapa jurusan tersebut yang mungkin bisa menjadi rekomendasi untuk Anda.

1. Ilmu Filsafat

Tak suka berhitung, tapi suka berpikir? Nah, jurusan ini jawabannya. Anda akan diajak memikirkan hakikat kehidupan manusia di dunia, penciptaan alam semesta, dan berbagai topik menarik lainnya. Filsafat memerlukan orang-orang yang dapat berpikir logis dan kritis, suka membaca, gemar berdiskusi, dan rajin menulis.

2. Ilmu Hukum

Belajar ilmu hukum membutuhkan pendalaman konsep dan teori yang tak tanggung-tanggung. Selepas pembelajaran teori selama kuliah, mahasiswa Ilmu Hukum biasanya mendapat kesempatan untuk praktek di firma-firma hukum, pengadilan, atau kejaksaan. Pada jurusan inilah Sobat Pintar belajar tentang teori dan praktek hukum.

3. Sendratasik

Pernah mendengar Jurusan Sendratasik, jurusan ini adalah akronim dari Seni Drama, Tari, dan Musik. Masih ada pula Jurusan Seni Lukis. Pastinya, jurusan atau program studi tersebut tak membutuhkan kemampuan hitungan.

4. Hubungan Internasional

Pada jurusan ini, dibutuhkan kecakapan berkomunikasi serta kemampuan menggunakan bahasa asing. Menariknya, keduanya terkait dengan kebudayaan asing – are you interested in it? Dibutuhkan pula minat pada diplomasi dan politik internasional bila Sobat Pintar ingin kuliah Hubungan Internasional.

6. Sastra

Sastra takkan lepas dari drama, puisi, kisah, dan lain sebagainya. Pada beberapa perguruan tinggi, Jurusan Sastra dan Bahasa merupakan satu kesatuan. Pada bagian bahasanya sendiri, Sobat Pintar akan belajar tentang tata bahasa, ejaan, gaya bahasa, penulisan, dan lain-lain.

7. Pendidikan Bahasa

Tak terlampau jauh dari Jurusan Sastra, Jurusan Pendidikan Bahasa juga masih terkait dengan tata bahasa, gaya bahasa, bahkan sedikit sastra. Bedanya pada Jurusan Pendidikan Bahasa, Sobat Pintar juga belajar tentang teori dan seluk-beluk pengajaran.

8. Sosiologi

Mahasiswa Sosiologi belajar tentang struktur sosial masyarakat dan interaksi antar individu di dalamnya. Karena cakupannya yang cukup luas, Sosiologi terbagi lagi menjadi beberapa program studi, diantaranya yaitu Sosiologi Gender, Sosiologi Ekonomi, Sosiologi Pembangunan, Sosiologi Lingkungan, dan Sosiologi Industri.

9. Desain/ Animasi

Beberapa orang yang memiliki passion di bidang desain grafis atau animasi bisa memperdalam ilmunya dengan memilih jurusan desain/ animasi. Mahasiswa Desain, baik grafis maupun komunikasi visual, dan animasi akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menggambar dibanding menghitung. Bila Sobat Pintar ingin belajar grafis dengan cakupan yang lebih luas, termasuk animasi didalamnya, pilihlah Desain Komunikasi Visual. Jurusan Animasi lebih terfokus pada film atau game 3D.

Itulah tadi beberapa jurusan kuliah tanpa matematika yang bisa dipilih. Sebenarnya masih banyak jurusan-jurusan yang lain seperti komunikasi, kriminologi, ilmu sejarah dan sebagainya. Hal terpenting saat memilih jurusan kuliah adalah sesuai dengan minat dan passion yang dimiliki, sehingga bisa menjalani perkuliahan tanpa merasa terbebani.

About editor

Check Also

sewa mobil bulanan di malang

Aturan Sewa Mobil Bulanan di Kota Malang yang Harus Diketahui

Kota Malang saat ini sudah menjadi destinasi wisata menarik di Indonesia. Ada banyak pilihan tempat …