Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, class 'WP_Block_Supports' not found in /home/desainsi/iamachristiantoo.org/wp-includes/class-wp-hook.php on line 287
Ketahui Gejala Penyakit GERD Untuk Penanganan Dini by SehatQ.com – Christianto Personal Blog
Home / Kesehatan / Ketahui Gejala Penyakit GERD Untuk Penanganan Dini by SehatQ.com

Ketahui Gejala Penyakit GERD Untuk Penanganan Dini by SehatQ.com

Jika pada umumnya saat kita makan, maka makanan yang masuk ke dalam mulut akan melewati esofagus untuk masuk ke lambung dimana makanan dapat bertahan tiga hingga empat jam. Namun, berbeda pada kasus pada penyakit GERD (Gastroesophageal Reflix Disease) yang akan naik ke kerongkongan semua makanan yang masuk ke dalam mulut tadi. Bahkan, terkadang asam lambung akan terasa naik. Untuk detilnya bisa kunjungi direktori penyakit dari SehatQ.com.

Penyakit GERD bisa dikatakan sebagai penyakit kronis yang hinggap di sistem pencernaan, bahkan jika mengalami gangguan yang berat dapat menghambat aktivitas hingga waktu istirahat atau tidur. Guna mewaspadai gejala yang akan timbul sewaktu-waktu agar dapat ditangani segera, maka kita harus mengetahui tanda dan gejala GERD yang sering timbul, seperti berikut ini.

1. Ulu Hati Terasa Nyeri

Nyeri pada ulu hati dan menjalar hingga ke kerongkongan menjadi salah satu gejala GERD, bahkan hingga merasakan sensasi terbakar. Gejala seperti ini tentu sangat mengganggu aktivitas, karena gejala ini bisa bertahan cukup lama yaitu sekitar dua hingga tiga jam.

2. Nyeri Timbul Setelah Makan

Gejala nyeri dada yang berat timbul karena makanan yang masuk akan merangsang keluarnya asam lambung. Untuk menghindarinya, jangan makan dalam jumlah besar dan tidak langsung tidur sesaat setelah makan. Dan hindari kopi, coklat ataupun makanan berlemak, karena makanan tersebut dapat menurunkan kekuatan katup esofagus. Jika katup esofagus melemah, akan berpengaruh pada mudahnya asam lambung naik.

3. Suara Berubah Serak

Akibat dari asam lambung yang naik dalam waktu lama akan berpengaruh pada suara yang berubah menjadi serak. Iritasi pada tenggorokkan dan pita suara juga akibat dari naiknya asam lambung.

4. Mulut Terasa Pahit

Munculnya rasa pahit di mulut juga akibat asam lambung yang naik, dan biasa terjadi setelah bangun tidur di pagi hari. Selain itu juga, pada sebagian orang merasakan asam pada ujung lidah.

5. Mual

Mual hingga ingin muntah juga menjadi gejala naiknya asam lambung, dan jika hal ini tak ingin terjadi, wajib untuk menghindari makanan berlemak dan berminyak. Minuman bersoda atau yang mengandung asam juga juga dapat memicu naiknya asam lambung.

6. Sulit Menelan

Kesulitan menelan diakibatkan karena adanya peradangan di sepanjang esofagus karena asam lambung, bahkan pada kondisi berat dapat terjadi jaringan parut di sepanjang esofagus. Jika hal tersebut sudah terjadi, maka akan berefek pada sulitnya menelan makanan hingga adanya rasa seperti makanan yang mengganjal di tengah esofagus.

7. Radang Tenggorokkan

Seseorang yang terkena asam lambung akan mengeluhkan batuk kering disertai rasa nyeri di tenggorokkan yang dapat bertahan lama. Hal itu di akibatkan karena asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan yang menyebabkan iritasi di tenggorokkan. Dan jika diperiksakan, maka kondisi pada dinding tenggorokkan berwarna kemerahan.

8. Bau Nafas Tak Sedap

Nafas yang berbau tak sedap menjadi ciri umum penyakit GERD, karena jika asam lambung naik hingga ke daerah mulut akan menyebabkan bau mulut menjadi tidak enak. Namun pada kondisi lain, bau mulut dapat mencirikan gigi berlubang.

Untuk menghindari timbulnya asam lambung naik, maka harus menjaga pola makan yang baik seperti menghindari makanan yang mengandung asam, minuman beralkohol, berhenti merokok, dan kenakan pakaian yang nyaman atau tidak ketat. Mulailah hidup sehat dari sekarang, demi mencegah kondidi menjadi lebih parah. Semoga bermanfaat!

About Yenny Agustina

Check Also

Pendonor Darah

Apa Saja Manfaat Menjadi Pendonor Darah?

Melakukan proses donor darah adalah satu kegiatan yang dilakukan untuk membantu anda sesama untuk bisa …