Home / Bisnis / Membuka Toko Bunga (Florist) Tidak Sesulit Kelihatannya, Benarkah ?

Membuka Toko Bunga (Florist) Tidak Sesulit Kelihatannya, Benarkah ?

Bisnis toko bunga atau florist memang cukup menarik untuk digeluti. Tak hanya bagi ibu rumah tangga, bisnis ini juga cocok digeluti oleh anak muda. Bisnis ini bisa menjadi solusi bagi mereka yang tengah kebingungan mencari penghasilan tambahan.

Meski layak dicoba, namun bisnis merangkai bunga tak luput dari berbagai resiko yang membayanginya. Tak selalu berjalan mulus, bisnis toko bunga juga bisa menghadapi kendala, seperti permintaan bunga yang tak selalu tinggi setiap harinya, harga yang fluktuatif, serta kondisi cuaca yang berubah – ubah.

Tetapi, bagi Anda yang menaruh ketertarikan pada dunia tanaman dan punya cukup keterampilan, membuka bisnis toko bunga boleh dijadikan pilihan. Bisnis ini cukup menjanjikan, mengingat perawatan dan pemeliharaan bunga yang tergolong sederhana.

Walau begitu, resikonya cukup tinggi. Sebab, kebanyakan florist menggunakan bunga segar sebagai bahan baku rangkaiannya. Jika Anda tidak pandai merawat bunga dan tidak terampil membuat dekorasi yang indah, maka bisnis Anda bisa gulung tikar hanya dalam waktu beberapa bulan saja.

toko bunga

Tips Membuka Usaha Toko Bunga (Florist) Bagi Pemula dan Anak Muda

Agar bisnis toko bunga Anda berjalan sesuai harapan, diperlukan modal yang cukup serta kreativitas yang tinggi. Apalagi, menggabungkan satu bunga dengan bunga lain untuk menghasilkan ornamen hias yang indah bukanlah perkara yang mudah untuk dipelajari.

Oleh karenanya, Anda perlu membekali diri dengan pengetahuan yang cukup mengenai dekorasi bunga. Paham akan kelebihan dan kekurangan berbagai jenis bunga tentu menjadi nilai plus bagi Anda dalam menjalankan bisnis Anda.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan selama merintis usaha toko bunga (florist) :

Pilih Lokasi Yang Strategis Untuk Berjualan

Lokasi merupakan salah satu hal yang penting ketika memulai usaha florist. Jika Anda bisa menentukan lokasi yang tepat, maka bisnis Anda bisa berkembang lebih cepat. Biasanya, terdapat suatu lokasi dimana para florist berjualan di kios yang letaknya berdekatan atau berderetan.

Anda bisa bergabung dengan mereka dengan menyewa salah satu kios atau memilih cara yang lain, yakni menyewa kios di daerah lain.

Manapun yang Anda pilih, jangan lupa untuk melakukan survei terlebih dahulu agar lokasi yang Anda pilih nantinya tepat untuk mengembangkan usaha toko bunga. Selain itu, pertimbangkan pula harga sewa kios agar tingkat pengeluaran Anda tidak melebihi tingkat pendapatan yang Anda peroleh dari menjual bunga.

Asah Kemampuan Merangkai Bunga

Ada banyak cara untuk belajar merangkai bunga, salah satunya ialah dengan menonton tutorial di Youtube. Cara ini cukup efektif dan ekonomis karena Anda bisa melakukannya dimana saja serta tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar kursus.

Jika dirasa sulit, maka Anda bisa mempekerjakan seorang karyawan untuk keperluan merangkai bunga. Sementara, Anda bisa menghandle bagian yang lain, seperti bagian manajamenen barang, penyediaan stok atau pengiriman produk ke konsumen.

Jeli Terhadap Berbagai Momen Seremonial

Produk yang Anda jual identik dengan acara seremonial, seperti hari ulang tahun, acara pernikahan, perjamuan, wisuda, lamaran, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengenali kapan momen – momen tersebut tiba. Misalnya, saat mendekati momen kelulusan, Anda bisa mempromosikan produk Anda ke kampus – kampus.

Selain itu, Anda juga bisa menarget kerabat dekat. Pada tahap awal, Anda bisa memberi diskon untuk menarik minat mereka. Seiring berjalannya waktu, bisnis Anda akan mulai dikenali dan semakin dipercaya oleh calon pembeli. Cara ini amat direkomendasikan karena Anda bisa membangun reputasi bisnis secara perlahan. Tertarik mencobanya ?

 

 

 

 

 

 

 

About editor

Check Also

jasa pengeboran air tanah

Tips Memilih Jasa Pengeboran Air Tanah

Sumur adalah sebuah media penting yang wajib ada pada setiap rumah. Dimana sumur tersebut bisa …