Home / Wisata / Mengupas Keindahan Alam Tersembunyi dari Danau Kaolin

Mengupas Keindahan Alam Tersembunyi dari Danau Kaolin

Bangka Belitung tidak hanya terkenal akan sebuah novel atau kisahnya yang bernama Laskar Pelangi, Ada banyak objek wisata indah yang bisa dijadikan sebagai destinasi liburan, salah satunya Danau Kaolin. Masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan Lubang Camoi atau Aik Camoi yang berarti lubang galian timah.

Danau Kaolin awalnya bukan tempat wisata, tetapi tempat area pertambangan timah. Namun hasil dari penambangan tersebut terbentuk sebuah lubang-lubang abstrak yag akhirnya membentuk sebuah danau besar yang didalamnya tergenang air bewarna biru tosca ditambah hamparan pasir yang mempesona. Tempat ini berupa tanah liat yang halus, lunak, serta bewarna putih yang biasa digunakan untuk pembuatan karet, kosmetik, pasta gigi, hingga kertas. Ciri khas danau ini menjadikan danau ini mirip dengan Kawah Putih Ciwidey yang ada di Bandung. Ada baiknya anda juga berkunjung ke wisataasyik.com.

Pesona alam Danau Kaolin


Banyak yang mengira Danau Kaolin berlokasi di luar negeri dikarenakan danau ini seperti dikelilingi  hamparan salju. Padahal, lokasi danau ini masih berada di Indonesia, tepatnya di Kepulauan Bangka Belitung. Danau Kaolin memang menjadi danau yang begitu indah karena kita bisa langsung melihat kilauan danau yang berasal dari patulan sinar matahari. Apalagi sehabis hujan turun, kita bisa langsung melihat fenoma alam pelangi yang mucul di sekitaran kawasan Danau Kaolin.

Aktivitas seru di Danau Kaolin

Selain bisa menikmati pesona alam yang memukau,  tempat ini seringkali dijadikan lokasi foto prewedding, hingga menjadi spot foto yang Instagramable. Saking indahnya, danau ini sampai popular di kalangan fotografer lho! Banyak para fotografer yang nggak mau ketinggalan mengambil gambar pada waktu surise dan sunset. Setelah lelah menikmati keindahan alam Danau Kaolin, di sekitaran danau kamu menemukan beberapa pedagang yang menjual aneka makanan dan minuman. Salah satu yang bisa kamu nikmati ialah air kelapa muda yang cocok untuk menghilangkan dahaga. Waktu yang paling pas untuk mengunjungi Danau Kaolin ialah pagi dan sore hari sebab suhu udara pada saat itu sangatlah sejuk.

Lokasi, tiket masuk, dan rute menuju Danau Kaolin

Danau Kaolin tepatnya berada di Desa Air Bara, Kabupaten Bangka Tengah. Untuk bisa sampai di Danau Kaolin, hanya dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Belitung, bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Nah kalau dari pusat kota Tanjung Pandang, Belitung Timur, hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 10 menit saja. Dikarenakan tempat ini belum dikelola pemerintah, pengunjung yang datang kesini tidak dikenakan biaya masuk alias gratis.

Demikian informasi mengenai Danau Kaolin, bagi kamu yang penasaran dengan kecantikan danau ini, yuk rencanakan berlibur ke Danau Kaolin!

About editor