Home / Kesehatan / Segera lakukan 4 cara ini untuk menghentikan pendarahan pada luka!

Segera lakukan 4 cara ini untuk menghentikan pendarahan pada luka!

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita bisa saja mengalami luka pada tubuh. Apabila luka yang didapatkan hanyalah luka kecil, maka pendarahan bisa berhenti dengan sendiri. Tetapi, pada luka yang ukurannya cukup besar, tentunya pendarahan harus dihentikan dengan segera untuk menghindari terjadinya berbagai macam komplikasi, seperti infeksi. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghentikan pendarahan pada luka.

 

Mengangkat bagian tubuh yang terkena luka

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk menghentikan pendarahan pada luka yaitu dengan mengangkat bagian tubuh yang terkena luka. Hal ini dilakukan untuk memperlambat aliran darah ke arah luka sehingga pendarahan dapat berhenti lebih cepat.

Melakukan penekanan di area luka

Kamu dapat menekan atua menutup area luka dengan menggunakan kasa atau penutup luka lainnya. Kasa berfungsi untuk menahan darah pada area luka serta membantu proses pembekuan darah.

Apabila kasa yang ditempelkan tadi sudah penuh dengan darah, maka kamu dapat menambahkan kain kasa lagi diatasnya dan jangan membuka kain kasa yang sebelumnya agar agen-agen pembekuan darah tidak hilang dan menghindari darah untuk terdorong keluar lagi.

Menekan titik tekan pembuluh darah

Saat melakukan penekanan pada titik tekan, sebaiknya anda memiliki titik yang lebih dekat ke jantung daripada ke area luka, seperti titik-titik berikut ini:

Di belakang lutut : arteri poplitea

Lengan antara bahu dan siku : arteri brakialis

Daerah selangkangan : arteri formal

Jangan lupa untuk tetap menjaga posisi area luka agar tetap berada lebih tinggi diatas jantung dan tetap lakukan penekanan pada lukanya.

Bersihkan luka

Setelah kalian menekan luka untuk menghentikan pendarahan, selanjutnya kamu perlu membersihkan luka menggunakan air untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang masih menempel. Hindari penggunaan antiseptik seperti hidrogen peroksida, karena penggunaan antiseptik ini justru akan menyebabkan iritasi dan memperparah kondisi luka.

Demikian 4 cara yang dapat kalian lakukan untuk menghentikan pendarahan pada luka. Apabila pendarahan tak kunjung berhenti, sebaiknya kunjungi rumah sakit segera agar segera mendapatkan penanganan lebih lanjut. Kunjungi blog kesehatan blog clubwanita.com untuk info lengkap lainnya.

About editor