Home / Lain Lain / Standard Keamanan Makam Corona biar Tidak Menular ke Penduduk Sekitar

Standard Keamanan Makam Corona biar Tidak Menular ke Penduduk Sekitar

Untuk saat ini hanya ada 2 lokasi makam corona khusus jenazah terindikasi corona covid 19 berada di TPU Tegal Alur jakarta barat dan tpu Pondok Ranggon cibubur. 

Hal ini ditetapkan oleh Pemprov DKI Jakarta sebagai bagian dari hasil koordinasi dengan dinas pertamanan dan pemakaman serta para pemuka agama terkait pembuatan SOP tata cara penguburan jenazah corona covid 19.

keamanan makam corona di pondok rangon

Seperti kita ketahui bahwa jenazah itu wajib diperlakukan secara khusus, maka di perlukan kuburan khusus makam corona agar tidak menular ke penghuni rumah yang tinggal di dekat makam corona.

Sudah di beritahu ke beberapa rumah sakit yang di Jakarta, kalau pemakaman pasien positif corona maupun odp dan pdp wajib dimakamkan di tempat pemakaman umum pondok rangon dan tpu tegal alur blok makam corona.

kuburan corona di pondok rangon

Di tempat pemakaman Pondok Rangon ada blog khusus Di blok 91 sebagai tempat pemakaman jenazah terinfeksi Virus corona, lokasi makam corona ada di pojok.

Pihak makam tidak memiliki jumlah pasti jenazah yang terinfeksi karena beberapa jenazah yang dikuburkan ada yang berstatus ODP dan PDP. 

Namun persiapan dilakukan pihak makam mengantisipasi lonjakan jenazah yang datang, aktivitas penggalian terus di lakukan tanpa henti setiap harinya.

Maka dari itu setiap hari petugas minimal sudah menyiapkan 5 lubang makam corona yang siap untuk di masukan peti jenazah corona.

Ada kuburan corona di San Diego Hills

Bagi yang tidak ingin di makamkan di sana bisa juga memilih untuk di makamkan di San diego hills, ada makam khusus corona di san diego hills, anda bisa cek di halaman resminya disini San Diego Hills Corona

Ini adalah petugas yang menggunakan alat berat untuk melakukan proses pemerataan tanah memang telah ditunjuk sebagai TPU khusus dalam pemakaman jenazah yang terinfeksi virus covid 19. 

Pihak pemakaman sendiri menyediakan space khusus dan setiap harinya melebihkan tiga hingga lima lubang pemakaman untuk yang diperuntukkan bagi jenazah yang terinfeksi virus corna covid 19. 

Faktor keamanan makam dari virus corona

Pengurusan jenazah yang akan dikuburkan dilakukan oleh petugas kesehatan rumah sakit dan Dinas Kesehatan lokasi kuburan harus berjarak 50 m dari sumber air dan 500 m dari permukiman terdekat, 

Petugas makam corona yang membantu penguburan juga dibekali alat keamanan serta disemprot disinfektan setelah penguburan, alat yang lengkap ini agar mereka tidak tertular virus corona.

Dan istilahnya kalau arahan dari atasan sudah ada sesuai prosedur keamanan virus corona wajib di patuhi.

Paling untuk persiapan keamanan di sini perlengkapan dengan perlengkapan seadanya punya sarung tangan hanya masker wajah dan kelengkapan kerja kita yang biasa di gunakan.

Yang penting siap dikerjakan di rumah sakit itu sendiri sudah Safety mengikuti, karena jenazah dimasukkan ke kantong jenazah, dimasukkan ke peti. 

Selain itu jarak antar makam dan makam corona dibatasi 5 meter hal ini untuk menghindari penularan Corona covid 19

 

About editor

Check Also

sewa mobil bulanan di malang

Aturan Sewa Mobil Bulanan di Kota Malang yang Harus Diketahui

Kota Malang saat ini sudah menjadi destinasi wisata menarik di Indonesia. Ada banyak pilihan tempat …