Home / Rumah / Tips Memutuskan Jenis Lantai Kayu & Cara Pemasangan

Tips Memutuskan Jenis Lantai Kayu & Cara Pemasangan

Lantai kayu adalah investasi besar untuk rumah Anda karena dapat bertahan selama lebih dari 100 tahun jika dipasang dengan benar. Anda perlu melakukan riset sebelum membuat keputusan akhir, karena Anda akan melihat lantai ini selama bertahun-tahun yang akan datang.

Lihatlah berbagai jenis lantai kayu yang tersedia. Jenis utama dari lantai kayu yang tersedia adalah lantai parket kayu, lantai bambu, lantai laminasi, lantai vinil kayu, atau lantai kayu reklamasi.

Lantai parket adalah potongan kayu dalam desain sudut atau geometris. Warna kayu yang digunakan dalam desain lantai parket bisa satu warna atau campuran dari beberapa kayu untuk membuat warna yang berbeda.

harga lantai parket laminate kayu di jakartaLantai bambu dikenal sebagai Moso dan terbuat dari tanaman bambu. Lantai bambu memiliki masa pakai yang lebih lama, lebih kuat, tahan serangga, dan lebih ekonomis.

Lantai laminasi adalah lantai sintetis yang menyatu sehingga terlihat seperti kayu, ubin atau batu. Lantai laminasi sangat ekonomis tetapi tidak tahan lama seperti lantai kayu asli dan dapat bertahan sekitar 10 tahun.

Lantai reklamasi adalah kayu yang biasanya menjadi lantai di bangunan tua atau gudang yang direklamasi untuk digunakan ulang sebagai penutup lantai. Lantai kayu yang dipasang di rumah tua berkisar antara ¾” sampai 1″ tebalnya; ada juga yang bahkan sampai 2″ ketebalannya. Kayu ini dibersihkan, dibuat lebih tipis sekitar ½ inci atau lebih dan kemudian dijual ulang untuk dipasang sebagai lantai kayu di tempat yang baru. Kayu ini sangat tahan lama, dan memiliki masa pakai yang sangat panjang.

Setelah Anda memutuskan jenis lantai yang akan dipasang di rumah anda, sekarang saatnya untuk memutuskan apakah Anda akan memasangnya sendiri atau menggunakan layanan pemasangan lantai kayu profesional. Anda telah membuat pilihan untuk berinvestasi di rumah Anda dan sekarang saatnya memastikan pekerjaan dilakukan dengan benar.

Sambil mempertimbangkan mana yang akan anda pilih, ingatlah bahwa Anda membutuhkan persediaan yang benar. Ini termasuk lem, wood filler, kotak P3K, paku kayu, paku atau sekrup, palu, obeng, bor listrik, staples, nailer listrik untuk lantai kayu, buku instruksi atau video tentang cara memasang kayu lantai, keluarga dan / atau teman untuk membantu pekerjaan. Namun hal terpenting yang dibutuhkan adalah waktu untuk melakukan pemasangan lantai.

Jika Anda mempertimbangkan pemasangan lantai oleh orang atau layanan profesional, Anda perlu melakukan riset. Periksa dengan teman atau keluarga yang pernah memasang lantai kayu dengan menggunakan layanan mereka. Ajukan pertanyaan seperti, apakah lantai dipasang dengan benar dan tepat waktu? Pernahkah mereka mengalami masalah dengan lantai kayu, seperti tekuk atau melengkung? Apakah sesuai budget anggaran anda? Berapa lama untuk memasang lantai? Apakah akan mendapatkan diskon di lantai jika Anda membelinya dari orang profesional atau layanan yang memasang lantai? Catatan: seringkali harga pemasangan lantai kayu jauh lebih murah jika Anda membeli lantai dari perusahaan yang memasang lantai kayu.

Ketika Anda mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu, ingatlah bahwa jika Anda memasang lantai dengan memakai jasa profesional, Anda akan menyelamatkan hubungan yang Anda miliki dengan keluarga dan teman-teman yang akan Anda minta untuk membantu Anda dengan proyek ini. Anda juga akan menghemat uang yang akan Anda habiskan untuk persediaan dan peralatan yang dibutuhkan untuk instalasi. Anda tidak perlu berurusan dengan kekacauan dan pembersihan yang terjadi dengan instalasi lantai kayu. Yang paling penting untuk diingat adalah, waktu yang Anda hemat yang dapat digunakan untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan dengan keluarga dan teman-teman  Anda.

Bila anda masih belum memiliki referensi perusahaan pemasangan lantai kayu yang tepat, anda bisa menggunakan jasa dari lantaikayuselgrid.com – distributor lantai vinyl kayu, wpc decking dan lantai parket laminate kayu di jakarta.

About editor